Program Penyediaan Air Minum Berbasis Masyarakat (Pamsimas)

Sosialisasi Desa Program Penyediaan Air Minum Berbasis Masyarakat (Pamsimas) Tahun 2023 dilaksanakan di Desa Sumber Kcamatan Pangkur, Kabupaten Ngawi dihadiri oleh segenap Forpimcam Kecamatan Pangkur, segenap aparat Desa dan warga Desa Sumber.

Salah satu infrastuktur penting untuk layanan dasar adalah pembangunan sarana air minum untuk memberikan layanan akses air minum kepada seluruh masyarakat Indonesia. Salah satu kegiatan pembangunan sarana air minum yang telah dilaksanakan dan telah memberikan kontribusi layanan akses air minum kepada masyarakat adalah Penyediaan Air Minum Berbasis Masyarakat (Pamsimas).

Pamsimas dilaksanakan dengan pendekatan berbasis masyarakat melalui keterlibatan masyarakat (perempuan dan laki-laki, kaya dan miskin, dan lain-lain) dan pendekatan yang tanggap terhadap kebutuhan masyarakat. Kedua pendekatan tersebut dilakukan melalui proses pemberdayaan masyarakat untuk menumbuhkan prakarsa, inisiatif, dan partisipasi aktif masyarakat dalam memutuskan, merencanakan, menyiapkan, melaksanakan, mengoperasikan dan memelihara sarana yang telah dibangun, serta melanjutkan kegiatan peningkatan derajat kesehatan di masyarakat. Porsi pembiayaannya ditunjang dari APBN dan peran serta masyarakat Desa Sumber dengan membentuk Pokmas untuk pengelolaan selanjutnya.

Author: Admin Kecamatan Pangkur

KECAMATAN PANGKUR