Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa “Musrenbangdes”

Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa atau yang lebih dikenal dengan istilah Musrenbangdes adalah forum Musyawarah Tahunan para pemangku kepentingan desa untk menyepakati Rencana Kerja Pembangunan Desa ( RKP) Tahun anggaran yang direncanakan.
Pada hari ini, Selasa 24 September 2024 di wilayah Kecamatan Pangkur ada 3 desa yang melaksanakan Musrenbangdes yaitu Ds Ngompro, Ds Pleset, Ds Sumber. Hadir dalam musrenbangdes : Tim kecamatan Pangkur, Babinsa Bhabinkamtibmas, Pendamping Desa, Perangkat Desa, BPD, LPMD, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Perempuan.
Kasi PMD kec Pangkur menyampaikan bahwa Kepala Desa melaksanakan Musrenbangdes untuk kembahas dan menyepakati rancangan RKPDes. Tujuan diadakan musrenbangdes adalah :

  1. Membahas dan menyepakati rancangan RKPDes
  2. Membahas dan menyepakati prioritas program/kegiatan
  3. Membahas dan menyepakati rancangan DU RKPDes
  4. Mengusulkan calon PPKA dan TPK.
    Setelah musrenbangdes dilaksanakan dan rancangan RKPDes sudah betul Kepala Desa menyusun rancangan Peraturan Desa tentang RKPDesa untk dibahas dan disepakati bersama BPD dalam musyawarah BPD.
    Kepala Desa Pleset Ibu Siti Nurkholis menyampaikan prioritas pembangunan untuk Tahun 2025 sebanyak 10 kegiatan prioritas di 5 dusun.
    Pemaparan rancangan RKPDes Tahun 2025 disampaikan oleh Sekdes Pleset, selanjutnya rancangan tersebut disepakati oleh semua peserta musrenbangdes. by_piah

Author: Admin Kecamatan Pangkur

KECAMATAN PANGKUR